Makanan Untuk Bayi Usia 6 Bulan Waktunya Makanan Padat

Makanan Untuk Bayi Usia 6 Bulan Waktunya Makanan Padat – Beberapa badan kesehatan ternama seperti WHO dan UNICEF baru-baru ini merekomendasikan agar sebaiknya bayi mulai diperkenalkan makanan padat ketika dia berumur 6 bulan. Dengan pertimbangan bahwa pada usia itu kebutuhan akan nutrisi telah dipenuhi oleh ASI atau susu formula. Akan tetapi beberapa dokter anak ada yang memperbolehkan makanan solid kepada bayi berumur 4 bulan. Perbedaaan pendapat ini tentunya membingungkan bagi para orangtua.

Makanan Untuk Bayi Usia 6 Bulan Waktunya Makanan Padat

Makanan Untuk Bayi Usia 6 Bulan Waktunya Makanan Padat
Makanan Untuk Bayi Usia 6 Bulan Waktunya Makanan Padat

Akan tetapi banyak orang tua yang memilih untuk menunggu bayinya sampai berumur 6 bulan untuk memperkenalkannya kepada makanan padat. Dengan pertimbangan pada usia itu pencernaan bayi sudah terbentuk dan kuat untuk mencerna makanan dan kemungkinan alergi semakin kecil.

Pada usia 6 bulan, bayi juga mengalami perkembangan yang pesat. Gerakan lidah bayi yang biasanya secara reflek mengeluarkan kembali makanan yang masuk kedalam mulutnya sudah berkurang dan bayi sudah bisa menelan makanan.Hal lain yang diharapkan oleh para orang tua terutama para ibu yang menyusui adalah dengan mulai memakan makanan yang padat keinginan bayi untuk susu semakin berkurang, mengingat ASI semakin lama semakin berkurang.

Anda bisa melihat beberapa tanda apakah bayi anda telah siap memakan makanan padat. Diantaranya adalah jika bayi telah mampu duduk tanpa bantuan karena dengan duduk makann akan lebih baik cepat dicerna. Tanda lainnya adalah jika gerakan reflek lidah bayi yang mengeluarkan makanan ketika makanan dimasukkan kemulutnya telah hilang. Anda juga bisa melihat bayi telah siap memakan makanan padat jika bayi anda terlihat masih lapar meskipun habis meminum susu dan bayi juga tampak sangat tertarik memperhatikan orang dewasa di sekitarnya makan

Rekomendasi Makanan

Sereal adalah makanan yang sering direkomendasikan karena sereal mudah dikombinasikan dengan susu sehingga bayi tidak kaget karena telah terbiasa dengan rasa susu sebelumnya, belum lagi teksture sereal yang lembut tentunya memudahkan bayi menelannya. Selanjutnya anda bisa memberi bayi buah-buahan seperti pisang, alpukat, kentang manis, wortel atau apel.

Ada baiknya anda mencoba berbagai macam makanan dalam jangka waktu yang terpisah-pisah ( minimal dengan jeda selama 4 hari ) kepada bayi anda. Untuk menemukan makanan yang disukainya dan makanan yang tidak mengganggu pencernaannya atau menyebabkan alergi. Karena jika anda memberikan dua jenis makanan dengan jeda waktu haya satu atau dua hari, lalu anggaplah ternyata bagi anda mengalami gangguan pencernaan atau alergi. Maka anda akan kesulitan menentukan makanan mana yang menjadi penyebabnya.

Pagi hari adalah waktu yang sangat ideal pertama kali memperkenalkan bayi kepada makanan padat, karena di pagi hari mood bayi biasanya sedang senang dan bayi akan suka mencoba sesuatu yang baru. Coba berikan satu sendok dahulu. Jangan panik jika bayi tidak mau menelannya. Tetap tenang dan tetap santai, harap diingat bahwa memperkenalkan makanan kepada bayi anda untuk pertamakali haruslah dalam suasana yang menyenangkan baik untuk orang tua maupun bayi. Jika dia tidak mau hari ini, coba lagi besok pagi.

Harap diingat juga, adakalanya bayi harus mencoba rasa berbeda-beda bahkan sampai lebih dari 10 kali percobaan sampai dia mau menerimanya. Jadi jika dia mau makanan masuk kedalam mulutnya akan tetapi kemudian dikeluarkan kembali karena tidak enak menurutnya, maka jangan mencoba makanan itu lagi di esok hari. Jika bayi tetap saja tidak mau setelah dicoba beberapa kali, mungkin bayi belum siap untuk makanan padat. Jangan kuatir karena waktunya akan tiba juga nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *