Makanan Untuk Bayi Usia 4 Bulan Yang Perlu Diketahui

Makanan Untuk Bayi Usia 4 Bulan Yang Perlu Diketahui – Ketika bayi berumur 4 bulan sampai 6 bulan, kebutuhan akan nutrisi dipenuhi oleh ASI atau susu formula. Akan tetapi, orang tua kadang memaksakan untuk memperkenalkan bayi makanan padat atau solid. Seperti sereal dan makanan bayi lainnya dengan pertimbangan bahwa sistem pencernaanya sudah mulai terbentuk. Akan tetapi ada baiknya para orangtua tidak memaksakannya. Tidak membiasakan makanan padat kepada bayi 4 bulan setidaknya akan mengurangi kemungkinan bayi terkena alergi nantinya. Bahkan banyak studi menyatakan bahwa makanan solid tidak membantu bayi akan menjadi lelap tidurnya pada malam hari.

Makanan Untuk Bayi Usia 4 Bulan Yang Perlu Diketahui

Makanan Untuk Bayi Usia 4 Bulan Yang Perlu Diketahui
Makanan Untuk Bayi Usia 4 Bulan Yang Perlu Diketahui

Pada dasarnya lambung bayi 4 bulan masih lemah, oleh karenanya pemberian makanan harus diatur sedemikian rupa agar tidak mengganggu system pencernaannya. Pada masa ini perut bayi akan tumbuh membesar dan bayi sedang membangun kebiasaan makannya. Bayi akan mencoba memakan apa saja yang ia temukan. Meskipun ia tidak bisa mengunyah, bayi akan menjilat makanan untuk merasakan rasanya.

Intinya, memberikan makanan solid untuk bayi 4 bulan bisa dilakukan jika anda tahu makanan apa yang sesuai dengan kondisi pencernaannya dan bagaimana memberikannya. Berikut masukan yang mungkin bermanfaat bagi anda yang pertama kali mencoba meberikan makanan padat kepada anak anda.

Yang pertama dan yang paling penting untuk dilakukan adalah lakukan pemberiaan makanan terjadwal dan sesuai dengan jadwalnya. Dengan melakukannya secara teratur dan terjadwal maka secara tidak langsung anda telah membuat selera makan atau rasa lapar bayi muncul secara rutin sejak dari dini.

Ada baiknya juga anda mengkonsultasikan dahulu dengan doktor mengenai makanan bayi apa yang cocok dangan bayi anda dan berapa banyak bayi anda seharusnya mengkonsumsinya. Pastikan jumlah makanan bayi seimbang dengan jumlah nutrisi yang didapat dari ASI atau susu formula. Jangan sampai dengan makanan bayi akan kekurangan nutrisi atau bahkan terlalu banyak nutrisi.

Untuk melihat apakan makanan cocok dengan bayi anda, pertama-tama berikan 3-4 sendok padanya. Jika bayi bisa menerima makanan itu dan tidak dimuntahkannya atau tidak menyebabkan gangguan perut, maka anda bisa terus memberikan makanan tersebut.

Usahakan bayi dalam keadaan duduk ketika diberi makan, bisa sambil dipangku atau didudukkan di kursi bayi, karena dalam keadaan duduk bayi bisa menelan makanan lebih cepat dan baik. Akan tetapi jangan langsung ditidurkan setelah diberi makan. Gunakan sendok kecil dan pastikan makanan tidak terasa panas untuk bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *